MASUK SBI PERLU PERSIAPAN

SBI merupakan pembelajaran yang mengadopsi sistem pembelajaran di luar negeri. Dalam kelas ini siswa dikondisikan untuk aktif di dalam kelas. Bahasa yang digunakan sebagian besar memakai bahasa Inggris. Di kelas ini pun siswa dianjurkan memakai perangkat komputer sendiri untuk mempermudah akses informasi. Peluncuran SBI menjadi kebutuhan pendidikan nasional, sekaligus memenuhi amanat UU Sistem Pendidikan no. 2 tahun2003. Sekolah Nasional sebagaimana sekolah-sekolah lain tetapi mutu atau kualitasnya setara dengan sekolah internasional. SBI ini muncul untuk setiap daerah agar memiliki sekolah yang bermutu dengan standar internasional, yang mengacu pada kurikulum dan di padu dengan kurikulum internasional. Untuk seleksi administrasi, salah satu persyaratan penting yang wajib dipenuhi calon siswa harus memiliki kualitas pendidikan yang baik, serta memiliki nilai raport kelas III-VI minimal 7 atau 7,5 untuk mata pelajaran IPA, matematika, dan bahasa Indonesia. Dan juga harus memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris dan komputer.
Calon siswa harus benar-benar mempersiapkan diri, apabila ingin masuk SBI. Calon siswa harus memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi. Hal ini didasari oleh tuntutan kurikulum bertaraf internasional, yang mengharuskan calon siswa yang masuk kelas internasional harus mampu berkompetensi secara global dengan siswa di negara lain. Di wilayah Jawa Barat, SMP yang bertaraf internasional mulai membuka pendaftaran terhitung akhir Februari sampai 16 Maret 2009. Dan untuk siswa yang ingin masuk SBI memerlukan persiapan. Berikut ini beberapa persiapan yang harus di tempuh oleh calon siswa SBI.
Pertama, persiapan secara akademis. Calon siswa SBI harus memiliki kualifikasi yang baik dalam mata pelajaran yang akan diujikan. Adapun kemampuan umum yang menjadi tolak ukur adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, kemampuan dalam sains, kemampuan dalam bidang teknologi. Oleh karena itu calon siswa harus benar-benar menguasainya, sehingga mata pelajaran yang diujikan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Selain itu untk menunjang kesiapan akademis, guru harus mampu memberikan penunjang bagi calon siswa yang akan masuk SBI sebagai penambahan pengetahuan, misalnya guru mengadakan try out di sekolah dengan membuat soal-soal yang akan diujikan. Dengan diadakannya try out siswa akan lebih mengkondisikan, agar tetap prima dalam menghadapi tes. Selain itu guru mengadakan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Guru juga harus membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris secara aktif di sekolah, agar siswa masuk SBI tidak canggung lagi untuk berbicara bahasa Inggris sehari-harinya.
Kedua, persiapan secara teknis. Calon siswa SBI dituntut untuk dapat menguasai cara pengisian LJK, sehingga dalam pengisian LJK siswa mengisi dengan baik dan benar. Banyak kegagalan tes disebabkan dalam pengisian LJK, karena alat tulisnya yang berkualitas rendah sehingga berpengaruh pada hasil pengisian LJK. Oleh karena itu siswa harus mempetsiapakan dengan sungguh-sungguh dan dapat menguasai pengisian LJK dengan baik dan benar.
Ketiga, pesiapan jasmaniatau kesehatan. Kesiapan ini sangat penting untuk calon sisiwa SBI. Siswa harus sehat secara fisik, karena banyak waktu yang tersita untuk mempersiapakan dirinya masuk SBI. Waktu belajar yang di tambah melalui try out, tambahan belajar di luar sekolah, sehingga dapat menguras tenaga serta pikiran. Kesiapan ini harus benar-benar disiapkan, kondisi siswa harus prima. Tanpa kesiapan ini, akan menjadi masalah sendiri untuk siswa yang akan masuk SBI.
Keempat, kesiapan secara mental dan spiritual. Dengan kesiapan mental siswa akan merasa lebih tertanyang, tidak akan merasa khawatir dalam menghadapi soal-soal yang akan diujikan untuk masuk SBI.
Dalam kesiapan spiritual, siswa setidaknya harus banyak berdoa kepada Allah SWT, agar dalam menghadapi tes siswa akan lebih merasa tenang dan apa yang diharapkan dapat tercapai. Kesiapan mental dan spiritual ini sangat dianjurkan, agar siswa dalam menghadapi tes akan lebih tenang. Dari keempat persiapan tersebut, mudah-mudahan siswa akan lebih mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan demikian persiapan itu harus dilakukan dengan baik, sehingga siswa berhasil untuk masuk SBI.
*)Tulisan ini sumbangan dari teman saya, Astri Mulyani. Dia Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Tulisan ini direka ulang dari Suara Guru, PR.

7 thoughts on “MASUK SBI PERLU PERSIAPAN

  1. Untuk tes Bahasa Inggrisnya masuk SMP SBI modelnya seperti apa? Apa ada speaking dan listeningnya?
    Terima kasih

  2. Mudah2an bisa lebih bermanfaat dan berhasil dalam pelaksanaannya juga dibarengi dengan kesiapan SDM para pengajarnya

    • Buat Ida Fitriani: Makasih banget, ya tujuanku juga gitu biar ada manfaatnya gitu, tapi baru cuma itu yang bisa aku persembahkan moga2 ke depan bisa lebih bagus, Neng, makasih sekali lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s